Latest News

Sabtu, 24 Januari 2015

Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda


Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda merupakan salah satu pondok pesantren sekaligus lembaga pendidikan Madrasah yang beralamatkan  di jalan Kecipir 18 B RT. 08 RW. 03 kelurahan Bumiayu Kota Malang. Yayasan Sosial AL-Hamid didirikan sejak tahun 2001 yang saat ini dipimpin oleh Ibu Syu’la Fardila.

Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda berdiri di atas areal seluar 3,5 hektar. Fasilitas yang ada terdiri dari masjid, aula pengajian, ruang belajar, sekretariat, lintasan balap motor tril. Secara keseluruhan bangunan di Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda ini belum selesai dibangun karena keterbatasan dana.

Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda memiliki motto “Pendidikan Islam Terpadu Insan Cendekia”. Sistem pendidikan yang diterapkan yayasan ini ada 2 macam yaitu pendidikan Non Fomal dan Formal. Pendidikan Non Formal  meliputi Majelis Ta’lim/Istiqhosah, Madrasah Diniyah Salafiah Tingkat Awwaliyah, Madrasah Diniya Salafiah Tingkat Wustho, Madrasah Diniyah Salafiah Tingkat Ulyah dan Masjid Sabilul Huda. Sementara pendidikan Formal meliputi Raudhatul Athfal (TK), Madrasah Ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan Madrasah Aliyah (SMA).

Para santriwan/santriwati atau murid-murid di yayasan AL-Hamid adalah anak-anak yatim dan keluarga yang kurang mampu sehingga pendidikan di yayasan ini gratis. Segala keperluan santri digratiskan. Santri yang belajar di  yayasan AL-Hamid kebanyakan berasal dari daerah Bumiayu dan ada pula yang berasal dari daerah lain. Bagi santri yang rumahnya dekat bisa pulang kerumah masing-masing sementara santri yang rumahnya jauh disediakan asrama untuk menginap. Sementara asrama hanya khusus santri laki-laki karena asrama perampuan belum selesai dibangun.

Sampai saat ini jumlah santri yang menuntut ilmu di yayasan AL-Hamid ada 11 kelas. Untuk MI ada 3 kelas dengan jumlah murid masing-masing kelas 15 orang. Untuk MTs ada 3 kelas, MA ada 3 kelas dan Paud ada 2 kelas. Untuk tenaga pengajar ada 20 orang sukarelawan yang berasal Bumiayu sendiri dan dari beberapa daerah seperti Gadang dan Arjowinangun.

Selain dididik sebagai insan yang berpendidikan agama dan ilmu umum, para santri juga diajarkan pendidikan ketegaran mental. Para santri laki-laki diajarkan cara mengendarai motor tril di lintasan yang di desain layaknya  lintasan pembalab motor tril. Tujuan dari pendidikan ini adalah untuk menumbuhkan rasa berani, melawan rasa takut dan ketegaran dalam hidup.

Bagi donatur yang berniat menyalur sumbangan untuk Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda bisa melalui Nomor Rekening Mandiri : 144-00-1261348-2 atau menghubungi nomor telepon 085033156407 atas nama Syu'la Fardila.

Ibu Syu'la Fardila
Pimpinan Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda
Ruang belajar bersama Santri

Ruang kelas untuk MI (lantai bawah) dan MA (lantai atas)

Trek lintasan untuk berlatih motor tril



Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda
  • Title : Yayasan Sosial AL-Hamid PPAI Sabilul Huda
  • Posted by :
  • Date : 22.11
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. semuga allah melimpahkan rahmat dan hidayahnya selalu sehingga PPs SH tetap eksis n berfanfaat terhadap perkembangan dunia. amin

    BalasHapus

Top