Latest News

Jumat, 09 Januari 2015

Tim KKN Tematik Posdaya 2015 UNMER Malang

Malang, (19/01). Sebanyak 21 orang mahasiswa Universitas Merdeeka Malang mengadakan KKN di wilayah Kelurahan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang mulai tanggal 19 Januari 2015 sampai tanggal 14 Februari 2015. Ditempatkan di 5 RW di Kelurahan Bumiayu yang terbagi dalam 4 kelompok. Kelompok 1 ditempatkan di RW 5 dan RW 6, kelompok 2 ditempatkan di RW 2, kelompok 3 ditempatkan di RW 1, sementara kelompok 4 ditempatkan di RW 3 dan RW 4.
Program kerja pertama yang dilakukan adalah pembuatan Blog KIM Kelurahan Bumiayu sebagai wadah infomasi yang menjembatani informasi dari pemerintah kelurahan kepada masyarakat (Top Down) atau sebaliknya dari masyarakat ke pemerintah keelurahan (Bottom Up).
Program kerja kedua adalah KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yaitu dengan penanaman tanaman toga dan sayuran organik di setiap rumah warga Kelurahan Bumiayu. KRPL dimaksudkan untuk mengatasi ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan warga akan sayur organik yang sehat.
Penanaman Toga dan Sayuran Organik

Program kerja yang ketiga adalah sosialisasi da penyuluhan narkoba untuk masyarakat Kelurahan Bumiayu yang bekerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Malang supaya warga paham akan dampak bahaya dari narkoba.
Program kerja yang keempat adalah pelatihan kerajinan tangan kepada ibu-ibu PKK. Hal ini dimaksudkan supaya ibu-ibu PKK lebih terampil  dan mempunyai penghasilan tambahan dari hasil kerajinan tersebut.
Pelatihan Kerajinan Lampion untuk PKK

Program kerja yang kelima adalah mendata keluarga prasejahtera di wilayah Kelurahan Bumiayu dan memberikan bantuan berupa barang untuk modal usaha bagi keluarga prasejahtera yang masih mampu berusaha dan memberikan bantuan berupa sembako kepada keluarga  yang sudah tidak mampu untuk melakukan usaha. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengangkat ekonomi keluarga prasejahtera.
Pemberian bantuan kepada keluarga prasejahtera

Program kerja yang terakhir adalah membentuk Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga). Hal ini dimaksudkan supaya setelah KKN berakhir, program untuk mengangkat kehidupan sosial warga tetap berkelanjutan, yang meliputi 5 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi produktif, lingkungan, agama dan budaya.
Sosialisasi dan Pembentukan Posdaya Karang Taruna Budhi Jaya 

Melalui Posdaya inilah mahasiswa KKN mengembangkan kesejahteraan masyarakat Bumiayu. Diawali melalui Posdaya yang sudah terbentuk di Kelurahan Bumiayu yaitu Posdaya Kemuning.
Mahasiswa yang melaksanakan KKN di kelurahan Bumiayu didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Eko Agus Susilo, S.Sos, M.Si. Dalam arahannya, DPL mengharapkan para mahasiswa dalam melaksanakan program kerja dilakukan dengan santun dan dan membaur dengan masyarakat setempat.


peluang usaha
Konsultasi kepada dosen pembimbing lapangan Eko Agus Susilo,S.Sos, M.Si

Rapat koordinasi sebelum pemberangkatan ke lokasi KKN oleh dosen pembimbing lapangan Eko Agus Susilo,S.Sos, M.Si

Tim KKN Tematik Posdaya 2015 UNMER Malang
  • Title : Tim KKN Tematik Posdaya 2015 UNMER Malang
  • Posted by :
  • Date : 06.39
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Top